Bagaimana Facebook Dapat Membantu Anda Jualan Online

Media online saat ini sudah menjadi media yang dielu – elukan banyak orang karena media online banyak menghasilkan keuntungan.

Disamping itu media online sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dengan adanya media online masyarakat jadi lebih mudah mengetahui berita – berita up to date yang sedang hangat – hangatnya baik itu berita selebritis, politik, perekonomian dan lainnya.

Banyak orang yang menggunakan media online untuk mendapatkan informasi atau menyebarkan informasi sehingga perkembangan media online manjadi sangat pesat berawal dari sekedar mengirim pesan singkat hingga sekarang muncul jejaring sosial untuk bisa saling berkomunikasi dengan orang lain dan menambah relasi atau teman.

Media online yang populer yaitu facebook yang merupakan situs jejaring sosial yang mempunyai tampilan yang lengkap. Bahkan facebook juga digunakan untuk menghasilkan uang atau sering dikenal dengan istilah bisnis online, salah satu bisnis yang ada di facebook yaitu dengan membangun online shop yang menjual barang – barang yang saat ini sedang trend di masyarakat seperti bisnis butik yang menjual berbagai macam fashion baju dan aksessorisnya.

Lalu, bagaimana pendapat masyarakat tentang bisnis di Facebook untuk menghasilkan uang??

Pengaruh facebook terhadap penjualan dan pembelian online karena facebook merupakan media penjualan baru yang efektif yang berpengaruh terhadap daya tarik beli dari masyarakat.

Alasan lain karena dalam akun facebook bisnis butik online, masyarakat dapat mengetahui secara langsung profil dan target mereka, hal ini berlaku baik dari penjual maupun pembeli, sehingga menjadikan facebook sebagai media pengaruh gaya hidup baru mereka.

Maksudnya dimana dulu kalau mereka ingin membeli baju mereka harus pergi ke toko dan sekarang mereka dengan mudah bisa membeli baju secara online hanya dengan melalui akun facebook tanpa harus mengunjungi toko tempat mereka akan berbelanja.

Menurut sumber yang tidak setuju adanya pembelian produk secara online, disebabkan karena faktor ketidakpercayaan dimana mereka masih merasa tidak percaya akan pembelian suatu produk secara online.

Hal ini juga dipengaruhi oleh ketakutan dari mereka akan barang yang mereka beli tidak sesuai dengan gambar atau ukuran yang diinginkan tapi disisi lain mereka setuju dengan pengaruh facebook terhadap penjualan online karena facebook dilihat cukup efektif  dalam membantu penjualan suatu produk.

Selain itu facebook juga merupakan suatu metode penjualan yang sedang trend saat ini di masyarakat. Disamping itu facebook juga tidak sepenuhnya mempengaruhi perubahan gaya hidup berbelanja, pasalnya mereka tetap setia dan tetap menjalani pembelian secara tradisional yaitu dengan pergi ke toko langsung dan mencoba barang yang hendak mereka beli untuk menyesuaikannya dengan apa yang diinginkan.

Secara garis besar, facebook adalah suatu media yang sangat efektif untuk melakukan penjualan suatu produk tertentu dan dapat berpengaruh terhadap tingkat pembelian

Perhatikan definisi Assauri (1999;4) mengenai pemasaran

“Sebagai usaha menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat pada tempat dan waktu yang tepat dengan promosi  dan komunikasi yang tepat”.

“25% customer lebih menyukai pembelian secara konvensional. Hal ini dikarenakan factor belum percaya terhadap pembelian secara online.  75% customer lebih menyukai pembelian produk secara online karena dianggap lebih efektif dan efisien, serta mempengaruhi gaya hidup seseorang. 100% facebook adalah media yang sangat tepat efektif untuk melakukan pemasaran.

Dengan demikian, hal ini dapat menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia itu tergolong cepat tergoda dengan sesuatu yang dilihatnya menarik meskipun hanya dilihat lewat gambar tanpa kita tahu bagaimana bentuk nyatanya.

Perlu diingat walaupun facebook dapat mempengaruhi terhadap pembelian online tapi hal ini tidak bisa disimpulkan bahwa facebook bisa mengubah gaya hidup dari seseorang.

Seperti yang dijelaskan menurut Swastha dan Handoko (2000:10) yakni “Perilaku konsumen bisa didefinisikan sebagai kegiatan individu yang langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan baik barang maupun jasa termasuk proses pengambilan keputusan kegiatan tersebut.”

Namun bukan berarti pembelian barang online di Facebook membuat orang tidak akan pernah pergi lagi ke toko konvensional.

DAPATKAN PANDUAN LENGKAP FACEBOOK ADS & GOOGLE ADS => KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.